Bisnis MLM atau Multi Level Marketing merupakan model bisnis yang dapat dibilang sudah banyak dan menjamur di Indonesia. Bagi anda yang belum tahu, Bisnis MLM merupakan salah satu model bisnis yang menjanjikan keuntungan yang cukup menarik. Namun, tidak semua orang dapat berhasil menjalankan bisnis ini. Bagi anda yang sudah pernah menjalankan bisnis ini tentu tahu bagaimana rasanya berusaha sekuat tenaga meyakinkan calon konsumen atau calon member untuk bergabung namun ditolak juga. Atau bagaimana caranya agar dapat tutup point dan dapat hadiah yang dijanjikan. Bukan hal mudah memang, namun bukan hal yang tidak mungkin didapatkan juga jika kita mau totalitas.

Nah berbicara soal bisnis MLM, tidak sedikit bisnis MLM baru bermunculan di Indonesia. Tidak hanya pemain lama, pemain baru yang penasaran dengan bagaimana sistem kerja dan tentunya berapa keuntungan yang dapat diberikan. Namun benarkah Bisnis MLM baru dapat menjamin kesuksesan anda? Sebenarnya, jika dicermati, ada beberapa hal yang membuat bisnis MLM baru belum tentu dapat menjamin kesuksesan, beberapa di antaranya seperti:

1. Karena masih baru, perlu usaha ekstra untuk meyakinkan calon konsumen atau calon member

Semacam kewajiban bagi kita untuk mencari anggota atau calon konsumen jika kita sudah terjun ke dunia MLM. Betapa tidak, kita membutuhkan tim yang mantap dan konsumen yang banyak agar dapat mencapai target yang ditetapkan untuk bisa mendapatkan hadiah dan insentif bukan? Nah jangankan MLM baru, MLM lama pun, kini sudah semakin butuh usaha ekstra dalam pemasarannya karena semenjak adanya MLM “nakal” beberapa tahun silam, membuat tidak sedikit masyarakat kita yang skeptis terhadap bisnis MLM.

Oleh karenanya, butuh usaha yang ekstra jika kita memutuskan untuk bergabung dengan MLM baru yang jangankan menjamin kesuksesan, kemungkinan mendapat calon konsumen prospektif pun masih mengambang. Namun jangan pesimis, bagi anda yang memang sedang berencana bergabung dengan MLM baru, tidak ada salahnya untuk mencari tahu terlebih dahulu kejelasan dan legalitas dari MLM tersebut. Selalu berhati-hati dalam berinvestasi adalah kunci.

2. MLM baru, produk baru, belum tentu laku

Memutuskan untuk bergabung dengan MLM baru memang biasanya terasa begitu mudah. Apalagi ketika mendengar potensi keuntungan yang pastinya berkali-kali lipat dari modal yang kita keluarkan. Namun perlu menjadi perhatian bahwa dalam bisnis ini, kita pasti akan menjual sesuatu baik itu barang maupun jasa. Dalam menjual suatu produk tersebut tidak mudah, apalagi jika produk yang akan kita tawarkan merupakan produk baru yang masih butuh acceptance dari konsumen. Mungkin tetap bisa laku namun butuh waktu atau usaha yang lebih dalam memasarkan produk MLM baru tersebut. Nah hal ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa tidak semua bisnis MLM baru bisa menjamin kesuksesan Anda.

3. Brand awareness yang masih rendah

Jika dibandingkan dengan MLM yang lebih dahulu ada, MLM baru masih butuh dikenal terlebih dahulu. Dengan brand awareness yang tentunya masih rendah membuat MLM baru terkadang tidak mampu bersaing dengan MLM lama yang sudah terlebih dahulu ada. Bagi anda yang mendambakan keuntungan yang lebih tinggi, anda dapat memilih MLM yang lebih dahulu ada yang tentunya sudah memiliki brand awareness yang tinggi.

Akan lebih mudah menjual produk yang sudah banyak dikenal dan diketahui masyarakat bukan? Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa tidak semua bisnis MLM baru bisa menjamin kesuksesan anda nantinya. Meskipun begitu, jika mau bersabar dan berusaha, jika memang bisnsi MLM baru anda ini menjanjikan, dalam 2-3 tahun pun jika memang bukan money game, bisnis MLM akan cepat “terdengar” oleh masyarakat kok.

Nah itu tadi beberapa alasan mengapa tidak semua bisnis MLM baru bisa menjamin kesuksesan anda. Berbicara soal kesuksesan sebenarnya bisnis MLM atau apapun akan dapat mencapai puncak keuntungan jika kita bisa bekerja dengan konsisten dan fokus dalam berbisnis MLM ini. Terkadang banyak orang menjadikan Bisnis MLM ini menjadi bisnis sementara atau bisnis selingan saja sehingga keuntungan yang didapat pun tidak dapat maksimal.

Semoga artikel ini dapat membantu ya!