Buat Saluran Pemasaran untuk Menumbuhkan Bisnis

No comment 77 views

MLMku.com – Salah satu tantangan terbesar dalam menjalankan bisnis rumahan adalah mendapatkan prospek dan mengubahnya menjadi pelanggan atau klien. Banyak orang yang menemukan bisnis Anda tidak akan membeli pada awalnya, jadi bagaimana Anda membuat mereka tetap sadar tentang Anda sehingga Anda bisa merayu mereka untuk membeli? Jawabannya adalah melakukan pemasaran.

 

Mendefinisikan Saluran Pemasaran

Saluran pemasaran adalah sistem yang memikat target pasar Anda ke bisnis Anda dan kemudian menuntun mereka melalui proses yang memungkinkan mereka untuk belajar tentang Anda dan, semoga, untuk membeli.

Melalui setiap tahap corong, prospek membawa sedikit lebih banyak dengan Anda. Pada setiap tahap, jumlah prospek semakin kecil, namun minat mereka tumbuh.

Ada beberapa tahap corong, dan tergantung pada diagram atau artikel apa yang Anda baca, Anda akan menemukan berbagai nama. Tapi secara umum, corong bergerak memimpin dari kesadaran awal mereka untuk melakukan pembelian. Tahapan corong adalah:

  • Kesadaran: Ini adalah bagian terluas dari corong tempat petunjuk pertama kali menemukan Anda.
  • Minat: Begitu Anda sudah mengenal diri sendiri, tugas Anda adalah menangkap minat calon pelanggan dan meminta mereka untuk belajar lebih banyak tentang Anda dan nilai yang Anda berikan.
  • Keinginan/ Pertimbangan: Anda telah menggelitik minat prospek Anda sampai-sampai mereka menginginkan yang Anda tawarkan, tapi mereka masih berusaha untuk menentukan apakah mereka benar-benar ingin berinvestasi dalam produk atau layanan, dan jika memang demikian, jika mereka menginginkannya untuk membeli dari Anda
  • Tindakan/ Pembelian: Jika Anda telah memenuhi pertanyaan dan kekhawatiran calon pelanggan, dia akan beralih ke bagian saluran paling sempit dan menjadi pelanggan atau klien.
  • Salah satu hal bagus tentang corong pemasaran adalah beberapa aspek dapat diotomatisasi. Namun, penting untuk diingat bahwa tujuannya adalah untuk membangun kepercayaan, kredibilitas dan hubungan baik sehingga prospek merasa senang dalam mempekerjakan atau membeli dari Anda. Ini berarti melalui setiap tahap Anda memberi nilai lebih dan mengembangkan hubungan yang lebih kuat dengan prospek Anda.

Cara Menyiapkan Saluran Pemasaran

Bagian terluas di bagian atas memiliki prospek paling banyak. Di situlah setiap orang yang pertama kali bertemu dengan bisnis Anda. Intinya, semua strategi pemasaran Anda seperti search engine optimization (SEO) dan search engine marketing (SEM), media sosial, dan iklan calon pelanggan potensial dan klien ke pintu masuk corong Anda, biasanya berupa situs web atau etalase. Yang Anda perhatikan, Anda ingin menawarkan berbagai sumber daya yang menarik minat mereka lebih jauh, memberi nilai, dan membangun kepercayaan dan hubungan baik. Sumber daya ini digunakan oleh konsumen dalam evaluasi bisnis Anda. Jika Anda berhasil, prospek bergerak melalui corong sampai akhir dan mempekerjakan atau membeli dari Anda. Jadi bagaimana cara melakukannya?

  1. Siapkan tempat untuk mengirim semua potensi prospek agar memasuki tahap kesadaran corong Anda. Bagi banyak bisnis, ini website, meski bisa jadi etalase.
  2. Berikan informasi dan sumber daya yang membuat prospek potensial Anda tertarik. Ini bisa meliputi:

– Konten: Artikel, tip dan informasi lainnya

– Studi kasus atau kertas putih

– Video

– Webinars

  1. Tanyakan mengarah untuk terlibat dengan Anda lebih jauh. Begitu Anda tertarik, Anda perlu memberikan nilai lebih dan mengembangkan hubungan untuk bergerak mengarah ke tahap pertimbangan.

Media sosial yang satu arah bisa terus belajar tentang Anda. Mendaftar untuk mendapatkan daftar email, bagaimanapun, meskipun akan lebih sulit mendapatkan prospek untuk memberi informasi mereka kepada mereka. Memberikan penawaran gratis yang bagus untuk menarik mereka agar memberi email mereka bekerja dengan baik. Banyak pemilik situs web menggunakan pemerasan halaman atau popup email untuk mendapat perhatian dari penawaran gratis Anda.

Begitu mereka mengikuti Anda di media sosial atau berada dalam daftar email Anda, Anda dapat terus memberikan informasi dan sumber yang berharga untuk membantu mereka membuat keputusan untuk membeli. Percobaan menawarkan dan konsultasi gratis adalah cara lain untuk meminta petunjuk agar terlibat lebih jauh sehingga Anda dapat memamerkan keahlian Anda.

 

  1. Buat penawaran Anda. Sama seperti kebanyakan orang tidak berhubungan pada pertemuan pertama, jadi kebanyakan konsumen tidak membeli pada kunjungan pertama. Tapi begitu Anda membangun hubungan dengan timbal Anda melalui konten, media sosial dan email, Anda dapat meminta penjualan.

 

  1. Bawa Orang ke Saluran Anda

Setelah Anda siap menerima pengunjung ke corong Anda, Anda harus mendapatkannya di sana. Di sinilah usaha pemasaran Anda masuk. Ada banyak cara untuk memasarkan bisnis Anda, namun beberapa gagasan meliputi:

  • Siaran pers
  • Optimalisasi search engine (SEO) dan search engine marketing (SEM)
  • Periklanan
  • Arahan
  • Pameran dagang dan acara
  • Penampilan tamu di podcast atau acara lainnya
  • Jaringan

Saluran pemasaran adalah alat yang hebat untuk membantu orang belajar dan merasa percaya diri dalam membeli atau mempekerjakan Anda. Beberapa ilustrasi saluran pemasaran, tambahkan “kesetiaan” dan “advokasi” ke corong di bawah “tindakan/ pembelian” karena pelanggan yang bahagia akan tinggal bersama Anda dan memberi tahu orang lain tentang bisnis Anda.

author
Author: 

    Leave a reply "Buat Saluran Pemasaran untuk Menumbuhkan Bisnis"