7 Tips Merekrut Member Baru Melalui Media Social

No comment 30 views

MLMku.com – Social media. Siapa sih yang tidak kenal dengan kata yang satu ini? jawabannya sudah pasti hanya segelintir orang. Ya, perannya yang begitu kompleks dalam berbagai bidang tentu tak bisa luput dari keseharian masyarakat Indonesia yang notabene mempunyai mata pencaharian heterogen. Mulai dari pelajar, dewasa, hingga orang tua pun tak mau ketinggalan memanfaatkan media sosial.

Bicara soal sosial media, kini bukan hanya mengkaji masalah eksistensi atau gaya hidup yang sedang trend dan tengah di gemari oleh banyak orang. Lebih jauh lagi, mereka yang pandai memanfaatkan fungsi media sosial dapat menyebarluaskan informasi. Entah itu seputar dunia pendidikan, ekonomi, maupun hiburan. Hal inilah yang menyebabkan jalinan relasi orang-orang di seluruh dunia menjadi semakin kuat.

Sosial media yang punya banyak manfaat juga tak jarang menjadi forum diskusi oleh lembaga-lembaga tinggi atau organisasi masyarakat. Jaringan internet yang semakin mumpuni dengan keleluasaan yang hampir dimiliki oleh semua orang untuk mengaksesnya menjadikan sosial media sebagai salah satu cara baru untuk menemukan solusi dengan cara yang menyenangkan.

#Potensi Social Media

Bagaimana tidak? Bisa dipastikan sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pengguna sosial media yang aktif. Bahkan mengecek akun sosmed mereka sudah menjadi hal wajib yang mereka lakukan sehari-hari.

Di lansir dari liputan6.com, pengguna internet di Indonesia kian melonjak setiap harinya. Hal ini didasarkan dari data yang dihimpun We Are Social yang menatakan bahwa terjadi kenaikan pengguna internet di Indonesia selama setahun, mulai Januari 2015 sampai Januari 2016, yakni sekitar 15 persen. Kenaikan tersebut berimbas pada pengguna sosmed yang meningkat sekitar 10 persen dari Januari tahun lalu.

Liputan6.com juga memaparkan bahwa masyarakat Indonesia lebih sering mengakses internet dari pada menyaksikan siaran langsung televisi. Berdasarkan data dari We Are Social, setidaknya pengguna internet menghabiskan rata-rata sekitar 4 jam 42 menit untuk mengakses internet di PC atau tablet dalam sehari.

Sementara untuk pengguna ponsel, mereka cenderung menghabiskan waktu yang lebih sedikit. Hal ini dikarenakan pengguna ponsel hanya menghabiskan rata-rata 3 jam 33 menit untuk membuka internet.

Dari kedua data tersebut dapat disimpulkan bahwa popularitas televisi di Indonesia mulai menurun. Dengan rata-rata pengguna hanya menonton televisi 2 jam 22 menit per hari, hal ini jelas membuktikan bahwa peran internet jauh lebih signifikan di banding dengan televisi.

Seperti yang dijelaskan oleh we are social, sekitar 79 juta penduduk Indonesia aktif di sosial media. Jumlah ini terbilang fantastis mengingat setara dengan 30% banyaknya penduduk Indonesia.

Kemajuan teknologi yang semakin canggih memang sudah semestinya dibarengi dengan pemanfaatan yang bijak. Artinya, kita sebagai masyarakat yang hidup di era modern harus pandai-pandai memilah informasi dari jejaring sosial, maupun mengunggah keseharian kita di akun tertentu.

Pemanfaatan jejaring sosial tak luput dari banyaknya pengguna yang kian meningkat setiap tahunnya. Selain bidang pendidikan, manfaat sosmed di bidang sosial juga bisa dirasakan. Misalnya, pengumpulan donasi untuk korban bencana alam atau bantuan saudara kita yang tidak mampu. Kemudahan akses yang ada membuat banyak orang terbantu.

Selain itu, satu hal yang tidak bisa dipungkiri dengan fantastisnya peran jejaring sosial ini ialah meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Indonesia. Mereka yang punya keahlian khusus, bisa dengan mudah menawarkan jasa. Atau membuka bisnis online shop yang notabene bisa dijadikan pekerjaan menyenangkan. Mekanisme penjualan yang mudah antar penjual dan pembeli menjadi alasan tersendiri mengapa usaha ini banyak digeluti sebagai pekerjaan sampingan.

Pemakai yang banyak dan keterjangkauan layanan internet dari pemerintah seharusnya membawa banyak dampak positif bagi warga Indonesia. Dengan ini mereka sudah pasti dimudahkan dalam melakukan pekerjaan tertentu.

Salah satunya yaitu merekrut karyawan melalui sosial media. Cara yang satu ini memang mudah dan cepat. Namun anda tentu memerlukan paduan dan langkah tepat agar tidak salah memilih.

Berikut ini adalah 7 tips merekrut member baru melalui sosial media.

#Aktif dalam forum diskusi

Forum diskusi di era modern seperti sekarang banyak dijumpai di sosmed. Disampaikan oleh Direktur Pelayanan Informasi Internasional Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) , Selamatta Sembiring, Indonesia menempati peringkat 4 pengguna Facebook terbesar setelah USA, Brazil, dan India.

Pernyataan di atas sangat memungkinkan terbentuknya grup untuk diskusi atau memecahkan masalah yang secara khusus dibuat oleh sekumpulan orang.

Melalui grup ini, sebenarnya anda telah mendapatkan tips merekrut member melalui sosial media yang bisa Anda coba. Yaitu dengan cara melihat seberapa aktif seseorang untuk melakukan komunikasi dan mengatasi problema yang ada.

#Melalui sebuah blog

Bisa dipastikan bahwa kebanyakan pengguna internet yang mencari informasi akan mengakses blog seseorang. Peluang ini bisa Anda gunakan untuk merekrut karyawan baru. Bagi anda yang mempunyai perusahaan MLM, di sini Anda bisa menawarkan postingan yang berupa soft selling. Artinya, Anda memberikan informasi tertentu yang disertai detail produk yang anda jual. Sembari melakukan penjualan, anda bisa mengajak konsumen untuk bergabung.

Hal ini akan mengundang rasa hormat dan percaya dari pelanggan Anda.

#Menggunakan newsletter

Anda bisa membuat newsletter yang ditambahkan pada website atau blog. Target dari newsletter anda ialah orang-orang yang berada di sekitar Anda. Berikan informasi yang detail mengenai produk, jasa, serta ketentuan yang dimiliki perusahaan Anda.

Tambahkan akun sosial media, email, atau telepon. Dengan kolom kritik dan komentar yang anda sertakan, akan membuat banyak orang berlangganan newsletter. Komunikasi yang terjalin antara anda dengan viewers juga bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk merekrut member baru.

#Menjalin relasi dengan member lama

Kebutuhan yang mendesak dan alasan lain terkadang membuat seseorang untuk hengkang dari pekerjaan lama. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan untuk tetap menjalin hubungan yang baik. Walaupun mereka tidak bisa bertemu secara langsung, akun sosial media seperti facebook, twitter, dan BBM dapat dimanfaatkan sebagai perantara untuk berkomunikasi.

Lewat komunikasi inilah Anda bisa merekrut karyawan baru dengan mengandalkan informasi dari member Anda yang lama.

#Memposting lowongan di sosial media

Cara ini boleh dikatakan sebagai cara paling mudah dan banyak digunakan. Untuk merekrut member baru, Anda bisa memposting job disertai dengan kelebihan dan ketentuan yang berlaku.

Jelaskan mengenai benefit apa saja yang akan didapatkan apabila mereka bergabung.

#Bekerja sama dengan akun tertentu

Tips yang ini sebenarnya agak sama dengan tips nomor 5. Bedanya, di sini Anda menggunakan jasa akun lain untuk mengajak seseorang bergabung dalam komunitas Anda.

Seperti yang kita ketahui, banyak akun instagram yang khusus dibuat untuk lowongan kerja atau menampilkan budaya dan kearifan lokal daerah tertentu saat ini. Nah, dari akun tersebut Anda bisa menggunakan jasa untuk merekrut member, mengingat followers yang dimiliki oleh akun instagram semacam itu berjumlah banyak.

#Beri waktu kepada calon down line

Tidak semua orang langsung tertarik dengan benefit yang ditawarkan apabila bergabung, terlebih melalui sosial media. Alternatif yang bisa Anda gunakan ialah memberi mereka waktu untuk berpikir sembari memberikan konsultasi dengan bahasa yang baik.

Temukan juga poin hidup prospek, yakinkan mereka bahwa pekerjaan yang Anda tawarkan akan menjamin kesejahteraan mereka.

Demikian 7 tips merekrut member baru melalui sosial media. Selama mencoba. Semoga bermanfaat.

author
Author: 

    Leave a reply "7 Tips Merekrut Member Baru Melalui Media Social"