7 Tips Membangun Bisnis MLM dari Nol

No comment 7 views

Model bisnis pada saat ini mulai beragam macamnya, dari bisnis yang menggunakan prinsip kerja sama hingga bisnis yang melakukan jual beli ke perorangan saja. Nah saat ini, muncul sebuah bisnis yang lumayan menjanjikan jika dikelola dengan benar. Bisnis Multi Level Marketing atau sering disebut juga dengan MLM. MLM ini jika di telusuri sudah banyak macamnya di Indonesia terbukti dengan banyaknya model MLM yang ada di Indonesia. Namun saat ini, bisnis multi level marketing telah disamakan dengan bisnis yang bekerja hanya untuk mencari orang untuk direkrut, padahal pada bisnis multi level marketing sebenarnya berbisnis dengan menjual suatu produk.

Apa itu Multi Level Marketing ?

Multi Level Marketing (MLM) sendiri lebih tinggi tingkatannya dalam berbisnis dibandingkan dengan marketing biasa. Multi level marketing sendiri adalah sebuah strategi dalam memasarkan sesuatu dengan terus menerus, dengan menggunakan tenaga penjual yang banyak. Tentunya tenaga penjual (sales) ini tidak hanya mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan produk, mereka juga mendapatkan kompensasi dari hasil penjualan sales lain yang mereka aja untuk  berjualan produk. Bisnis ini sebenarnya menggunakan sistem pemasaran jaringan, sehingga muncul istilah up line dan down line, seorang upline bisa merekrut orang untuk menjual produk sebanyak-banyaknya sehingga akan memunculkan bonus yang banyak kepada upline tersebut.

Tips Membangun Bisnis Multi Level Marketing dari Nol

Tentunya membangun sebuah bisnis dari 0 membutuhkan kerja keras yang pastinya tidak semua orang bisa melakukannya. Terlebih lagi jika ingin membangun bisnis multi level marketing dari 0, karena dari segi sistem yang lebih sulit untuk dipahami oleh banyak orang awam,

Semakin ketatnya bisnis MLM ini membuat orang-orang malas untuk membangun sebuah bisnis multi level marketing, tentunya hal-hal ini bisa diatasi dengan berbagai hal yang dirangkum untuk anda yang ingin membangun bisnis Multi Level Marketing, ini lah 7 tips membangun bisnis MLM mulai dari nol :

1.Jangan ragu memulai bisnis dari Nol

Banyak orang yang ingin mencoba berbisnis multi level marketing, namun orang-orang ini merasa ragu dan takut jika bisnis yang akan dicobanya gagal. Tentunya gagal dalam bisnis pertama adalah hal yang wajar, banyak pebisnis yang telah sukses sekarang ini merasakan pahitnya kegagalan terlebih dahulu. Banyak juga yang telah mencoba namun gagal dan langsung meratapi kegagalannya berlarut-larut, tentunya ini tidak baik, lebih baik untuk mempelajari faktor kegagalan sebelumnya dan menerapkan solusi atas kegagalan bisnis multi level marketing sebelumnya di bisnis yang baru lagi.

2.Pantang Menyerah

Menyerah merupakan banyak sikap yang dimiliki oleh orang-orang kebanyakan, sikap ini tentunya tidak baik untuk diterapkan, apalagi untuk bisnis semacam multi level marketing yang membutuhkan sikap pantang menyerah untuk berbisnis. Anda boleh merasa kesulitan dan kesusahan dalam menghadapi ujian dalam berbisnis multi level marketing, namun anda tidak boleh menyerah untuk menghadapi ujian tersebut.

3.Tetapkan target

Target merupakan suatu hal yang penting dalam suatu bisnis. Apalagi dalam menjalankan bisnis multi level marketing, menetapkan target bisnis merupakan hal yang wajib untuk dimiliki disaat bisnis baru dijalankan. Tentunya target yang diterapkan dalam bisnis yang baru dijalankan berbeda dengan target dari bisnis yang sudah lama berjalan. Target ini bisa dibuat secara bertahap, yang dapat berdasarkan jangka waktu dalam penerapan, seperti target jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang, yang tentunya anda bisa mengevaluasi bisnis anda berdasarkan hasil dari target yang diterapkan.

4.Lakukan Kerja Sama yang Baik

Bisnis multi level marketing adalah sebuah bisnis yang didasari atas rasa kepercayaan antar satu sama lain dalam membangun bisnis. Tidak hanya cukup seorang diri untuk bisa menjalankan bisnis multi level marketing, dibutuhkan orang lain, dan tim dengan kerja sama yang baik. Penyebab tidak terjadinya kerja sama yang baik antar satu sama lain salah satunya adalah karena komunikasi.Tentunya komunikasi adalah suatu hal yang penting dalam bisnis ini, baik itu antara upline dan downline maupun kepada konsumen nantinya yang akan membeli produk dari bisnis multi level marketing yang dibuat.

  1. Lakukan Teknik Duplikasi

Teknik duplikasi dapat juga dapat disebut dengan teknik meniru. Jika ingin bisnis mempunyai bisnis multi level marketing yang besar, lebih baik mencoba melihat cara penjualan dan sistem yang ada pada salah satu bisnis multi level marketing yang sudah besar dan maju. Tentunya anda bukan meniru produk yang dijual, melainkan meniru dan mempelajari dari sistem yang ada pada bisnis tersebut.

Jika anda memulai usaha tanpa mengetahui sistem yang anda gunakan, tentunya bisnis multi level marketing yang anda punya akan berjalan sangat lama untuk berkembang. Setelah mempelajari hal baik yang ada pada sistem multi level marketing yang telah maju, dan anda menemukan kunci suksesnya, anda harus mengajarkan kesuksesan tersebut kepada bawahan anda secara bertahap sesuai dengan kemampuan penerimaan ilmu downline anda. Tentunya dengan hal ini tidak cuma anda yang mengetahui cara membesarkan bisnis anda, melainkan seluruh downline anda, sehingga dapat bekerja sama untuk memajukan bisnis MLM yang dimiliki.

  1. Menjalankan Sistem dengan Benar

Setelah mendirikan sebuah bisnis MLM, dan tentunya sudah mempunyai tujuan yang ingin dicapai dalam waktu yang ditentukan,saatnya untuk memiliki sistem multi level marketing yang baik dan benar. Sistem ini bisa mengadaptasi dari bisnis MLM lain yang tentunya sudah berkembang dan maju, sehingga dapat mempermudah anda untuk membawa bisnis anda ketahap yang lebih baik. Tentunya anda harus mampu untuk melihat baik atau buruknya sistem tersebut untuk diterapkan kedalam bisnis MLM anda. Belum tentu anda mendapatkan kecocokan dengan sistem MLM yang anda piker maju, bisa saja anda malah mendapat kecocokan dan mampu mengembangkan suatu sistem dari MLM yang bangkrut.

Selain mengadopsi sistem MLM lain, anda juga dapat menggunakan ide sendiri untuk mengembangkan sistem yang digunakan, dalam hal ini, banyak hal yang harus anda perhatikan, tentunya yng terpenting adalah cocokah sistem itu  digunakan oleh kebanyakan downline anda.

  1. Terus Belajar dan Mengembangkan Ide

Banyak pebisnis multi level marketing yang meraih sukses dikarnakan banyak belajar dari kegagalan maupun dari kesuksesan orang lain, tentunya belajar merupakan hal dasar bagi setiap manusia, anda sebagai pebisnis baru dalam multi level marketing bisa melakukan Tanya jawab atau sekedar melakukan diskusi kecil tentang bisnis multi level marketing, disini anda bisa menanyakan tips-tips sukses dalam melakukan bisnis MLM.

Anda juga bisa belajar dari banyak buku yang menyediakan kiat-kiat membangun bisnis, yang sangat berguna untuk mengembangkan bisnis multi level marketing.

Tentunya selain tips diatas ada yang lebih penting dalam membangun bisnis ini, yaitu dukungan dari keluarga maupun orang terdekat, sehingga anda lebih semangat lagi dalam membangun bisnis multi level marketing anda dari nol.

author
Author: 

    Leave a reply "7 Tips Membangun Bisnis MLM dari Nol"