7 penyebab mengapa tidak sukses di MLM

No comment 100 views

Multi Level Marketing atau lebih dikenal dengan sebutan MLM nampaknya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Banyak dari mereka memutuskan untuk bergabung dan menjadikan bisnis ini sebagai sumber pendapatan finansial yang menjanjikan.

Ada banyak perusahaan MLM, mulai dari yang kelas teri hingga kelas kakap, tentunya dengan upah yang berbeda pula. Beberapa diantaranya bahkan tidak segan untuk memberikan bonus berupa uang puluhan juta atau mobil mewah.

Multilevel Marketing adalah terobosan baru bagi perusahaan untuk memasarkan barang dengan menggunakan customer sebagai distributor sekaligus sebagai promotor. Dimana membernya dapat memperoleh keuntungan yang besar hanya dengan memasarkan produk tertentu.

Dimana member yang direkrut dapat dikatakan sebagai agen distributor yang memasarkan barang dari individu ke individu lain. Modal utama untuk menjalankan bisnis ini ialah kecakapan dalam berkomunikasi dengan konsumen. Hubungan komunikasi yang lancar akan membuat calon customer merasa tertarik dan memutuskan untuk order produk yang ditawarkan.

#Memahami Bisnis MLM yang anda Ikuti

Anggota pebisnis MLM dituntut untuk memahami secara penuh seluk beluk perusahaan tempat mereka bergabung. Mulai dari sistem kerja, peraturan, serta ketentuan yang diberlakukan.

Pengetahuan mengenai sistem kerja dapat ditanyakan pada leader saat perekrutan. Biasanya leader dan anggota team yang lain akan memberikan informasi sedetail mungkin sebelum seseorang memutuskan untuk bergabung.

Mengetahui benefit apa saja yang didapat dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi anda yang ingin merintis karir di dunia MLM ini. Dari manfaat dan keunggulan yang ditawarkan, pastikan sesuai dengan anda.

Pekerjaan ini terbilang gampang-gampang susah. Disebut gampang karena Anda hanya perlu memasarkan produk tertentu tanpa persyaratan khusus. Namun, Anda juga perlu hati-hati dalam menjual barang. Pasalnya, beberapa perusahaan MLM memasang target penjualan tertentu untuk setiap membernya.

Bagian yang paling susah dari pemasaran produk ialah meyakinkan pembeli agar tertarik dengan produk yang ditawarkan. Tidak semua orang langsung tergoda. Lalu bagaimana caranya agar Anda memiliki banyak customer? Yang utama tentu jaminan kualitas.

Kualitas barang yang mumpuni akan membuat pelanggan percaya bahwa produk yang Anda jual tidak abal-abal. Degan begitu, ketika mereka membutuhkan barang yang sama mereka akan membeli di tempat Anda.

Anda juga bisa memanfaatkan akses internet untuk melakukan promosi besar-besaran. Jangkauan internet yang luas dan mudah diakses oleh semua orang memungkinkan anda untuk membangun jaringan lebih kuat serta mendapatkan pasar baru. Anda juga bisa memanfaatkan newsletter pada website atau blog yang sengaja Anda buat.

Bergabung dengan komunitas MLM memang terbilang mudah, tetapi Anda juga harus konsisten dan disiplin mengingat setiap pekerjaan tak lepas dari resiko.

Dengan segudang kelebihan yang dimiliki, multi level marketing merupakan alternatif jitu bagi anda yang benar-benar ingin sukses menjadi wirausahawan. Di sini Anda bisa belajar teknik dan berbagai metode yang digunakan. Nah, metode inilah yang nantinya bisa Anda aplikasikan saat merintis sebuah usaha.

Kebanyakan orang yang gagal menjalankan bisnis MLM karena mereka tidak fokus pada tujuan awal. Mereka cenderung tergoda dengan penawaran fantastis tanpa memikirkan efek dan resiko yang harus ditanggung.

Anehnya, sistem MLM yang simpel dan cukup efektif ini menyebabkan sebagian orang trauma dan enggan menekuni usaha ini lagi. Ada dua alasan utama mengapa hal ini terjadi:

#Terjebak money game yang berkedok MLM

Semakin susahnya mencari lapangan pekerjaan bukan tidak mungkin jika ada sekumpulan orang yang memanfaatkan peluang tertentu guna meraup keuntungan.

Produk yang dijual dengan sistem MLM harus lebih murah atau maksimal sama dengan harga yang ada di pasaran.

Setiap peluang bisnis yang mengatasnamakan MLM namun mematok harga yang tinggi sebenarnya adalah kegiatan Money Game.

#Tidak mengenal karakteristik bisnis MLM yang mereka ikuti

Pada sistem multi level marketing, perusahaan MLM berfungsi sebagai penyedia produk, administrasi dan mengatur pembagian keuntungan yang disebut Marketing Plan.

Marketing plan adalah cara membagikan keuntungan.

Maka dari itu penting untuk mengenali karakteristik perusahaan MLM terlebih dahulu.

7 Penyebab seseorang tidak sukses di MLM.

#Kerja sama yang tidak baik

Salah satu alasan yang menyebabkan seseorang hengkang dari dunia marketing adalah perolehan upah dan sistem kerja yang tidak sesuai. Kedua hal ini sebenarnya bermula dari masalah yang sangat sepele, yaitu kerja sama yang tidak terorganisir dengan baik.

Pada beberapa kasus ditemui bahwa setelah seseorang menandatangani kontrak dengan perusahaan network marketing, mereka tidak pernah lagi menjalin hubungan komunikasi intens dengan sponsor mereka.

Anggota baru mendapatkan setumpuk buku panduan dan produk tanpa tahu persis apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Dengan dukungan tim dan leadership yang baik, anggota memiliki kesempatan besar untuk sukses di bisnis ini karena memiliki mentor dan rekan kerja yang siap membantu permasalahan yang mereka hadapi.

#Kualitas produk tidak terjamin

Memasarkan sebuah produk sudah seharusnya dibarengi dengan kualitas yang terjamin. Mengapa? Produk yang berkualitas akan meningkatkan loyalitas anda terhadap konsumen. Secara tidak langsung mereka adalah testimoni untuk barang yang anda tawarkan.

Jadi, bisa dibayangkan apabila kualitas barang tidak berkelas, hal ini akan menyebar dari mulut ke mulut sehingga Anda terancam kehilangan pelanggan.

#Komitmen team tidak ada

Pekerjaan apapun yang anda tekuni tidak bisa lepas dari yang namanya komitmen. Network marketing adalah salah satunya. Anda harus berkomitmen untuk memasarkan produk dengan target penjualan dan menemukan prospek yang baru.

Komitmen seorang leader kepada membernya juga bisa berupa support dan pemecahan masalah bersama-sama.

Intinya, Anda tidak boleh mengesampingkan tujuan utama dari bisnis ini.

#Metode pemasaran yang salah

Setiap individu punya cara yang beda untuk memasarkan produk andalan mereka. Beberapa orang memanfaatkan jejaring sosial dan mendapatkan hasil maksimal. Sedangkan, ada pula yang memilih berbicara langsung dan menjalin relasi secara offline.

Apapun metode yang anda pilih, fokuslah pada usaha itu.

Anda juga dapat mencoba langkah pemasaran lain yang efektif sehingga Anda memiliki bekal persenjataan lebih lengkap.

#Buruknya pelayanan kepada member

Setiap customer tentu menginginkan pelayanan terbaik saat membeli sebuah produk. Pelayanan yang baik menentukan keberhasilan bisnis MLM yang Anda bangun. Meladeni pembeli dengan ramah dan murah senyum akan membuat mereka respect dan tertarik menjadi pelanggan setia Anda.

#Menggunakan rekening yang sama

Hindari penggunaan rekening yang sama. Buatlah dua rekening yang berbeda. Satu diantaranya digunakan khusus untuk menampung dana MLM. Tujuannya untuk mengetahui apakah mengelola bisnis MLM ini sesuai dengan bakat anda atau tidak. Artinya, Anda sudah cukup mumpuni bergelut dengan network marketing ini.

Pemisahan rekening ini juga berfungsi agar Anda bisa membedakan uang hasil bisnis dengan pemasukan yang lain.

#Perencanaan masa depan yang kurang matang

Kebanyakan orang berpikir bahwa MLM adalah bisnis sampingan. Jadi mereka tidak mengetahui rencana apa di masa depan berkaitan dengan keberlangsungan MLM ini. padahal, planning yang matang akan memotivasi anda untuk mencapai target tertentu, yang berimbas pada kenaikan omset dan perkembangan jaringan MLM.

Selain beberapa faktor di atas, kurangnya evaluasi yang rutin dilakukan juga berpotensi mengakibatkan gagalnya bisnis multilevel marketing ini.

Semoga bermanfaat.

author
Author: 

    Leave a reply "7 penyebab mengapa tidak sukses di MLM"