7 Cara Membina Member MLM Yang Sudah Bergabung

No comment 62 views

MLMku.comNetwork marketing atau Multi Level Marketing tak ubahnya angin segar bagi mereka yang telah lama mendambakan pekerjaan. Ya, bisnis Network Marketing ini tergolong usaha mudah dan murah yang bisa dijalankan oleh siapa saja. Bahkan dengan bantuan akses internet yang memadai, pelaku bisnis network marketing tidak perlu bersusah payah untuk melakukan penjualan secara face to face dengan customer.

Cara ini terbilang lebih efektif, selain tidak menyita waktu Anda, bisnis MLM dengan memanfaatkan jejaring sosial tentu akan menghemat budget yang biasa anda gunakan untuk keperluan promosi atau biaya transportasi. Langkah termudah yang bisa Anda lakukan sebagai seorang yang menggeluti bisnis jejaring ini ialah dengan mencari prospek sebanyak-banyaknya.

Meningkatnya jumlah prospek dan produk yang terjual akan berimbas baik pada pendapatan yang anda peroleh. Bahkan beberapa Leader perusahaan MLM tidak segan untuk memberikan reward fantastis bagi membernya yang berhasil memasarkan produk sesuai target. Hal ini bisa dibilang sebagai langkah jitu untuk menarik banyak orang agar mau bergabung dan bekerja sama dengan perusahaan terebut.

Bekerja sebagai wirausaha MLM sama halnya dengan berperan sebagai distributor yang bertugas menjual barang dari individu ke individu. Dimana komunikasi dan pelayanan terbaik masih sangat signifikan dalam menentukan perolehan customer meskipun memakai internet sebagai media transaksinya.

Nah, sebelum menjalin relai dengan perusahaan MLM tertentu, Leader biasanya akan merekrut member baru. Setiap leader harusnya mempunyai skill mumpuni untuk merekrut karyawan baru yang nantinya turut serta mengembangkan jaringan bisnis network marketing ini.

Ada dua cara yang biasa digunakan untuk mengajak orang agar mau bergabung. Langkah pertama yaitu dengan mendekati semua orang yang dikenal. Berharap mereka akan baik hati mendengarkan presentasi dan penjelasan detail mengenai peluang bisnis MLM ini. Teknik “serangan mendadak” ini memang membutuhkan nyali besar mengingat kemungkinan penolakan yang tidak sedikit.

#Tips Promosi MLM dengan Budget Minim

Selain itu, bagi anda yang ingin mencoba teknik perekrutan ini juga harus pandai-pandai mengarahkan jalannya presentasi. Memaparkan benefit menarik yang tidak bisa member jumpai ketika bergabung dengan perusahaan lain.

Cara ini membutuhkan sedikit budget. Pasalnya promosi hanya dengan mulut ke mulut terkadang kurang efektif dilakukan. Jadi, ada baiknya jika Anda meninggalkan brosur dan contact person yang bisa dihubungi oleh calon anggota apabila sewaktu-waktu membutuhkan informasi lebih detail mengenai perusahaan Anda.

Langkah yang kedua ialah dengan mencari target pasar dari orang-orang yang merasa tertarik dengan bisnis anda. Anda juga bisa memanfaatkan kemudahan untuk mengakses jejaring sosial sebagai media perekrutan yang minim budget sekaligus tidak ribet. Ya, caranya Anda bisa menggunakan metode soft selling yang di posting pada blog atau website.

Metode ini cukup efektif mengingat banyak orang yang setiap harinya mencari informasi tertentu melalui web atau blog seseorang. Anda bisa menyajikan blog atau web yang ada kaitannya dengan barang yang anda tawarkan. Kemudian sertakan alamat resmi (web) perusahaan pada postingan tersebut dan gunakan kalimat menarik agar orang yang mengunjungi web Anda merasa cocok untuk bergabung.

Atau anda bisa memasang iklan tertentu mengenai lowongan kerja untuk member baru. Buat mereka merasa respek terlebih dahulu, serta beri waktu kepada calon down line untuk berpikir.

Setelah merekrut member baru, hal penting yang tidak boleh dilupakan oleh seorang leader MLM ialah mengadakan pembinaan. Hal ini bertujuan untuk memupuk sikap berani serta bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang telah mereka pilih. Dalam proses pembinaan ini peserta akan dijelaskan secara rinci mengenai sistem kerja, peraturan, dan ketentuan lain yang diberlakukan oleh perusahaan.

Leader dan staf terkait hendaknya memberikan pembinaan dengan baik dan tepat. Tujuannya agar para member baru jelas dan mengetahui tujuan pokok dari perusahaan network marketing tempat mereka bergabung. Tapi bagaimana cara membina member MLM dengan baik?. Simak info selengkapnya di bawah ini.

#Membangun impian bersama

Menyadari bahwa mempunyai hubungan relasi dengan MLM berguna untuk mewujudkan impian yang sama antara leader dengan member merupakan salah satu hal yang wajib ditekankan dalam pembinaan.

Mereka yang menyadari hal ini akan bekerja dengan maksimal, karena sesuatu yang ditekuni bukan hanya sebatas mencapai target yang diinginkan perusahaan. Tetapi juga bagian dari mewujudkan impian mereka sebagai anggota baru yang notabene memerlukan banyak customer dan pasar yang nantinya berpengaruh pada besarnya pendapatan yang diperoleh.

#Mau belajar dan inovatif

Cara membina member yang baru bergabung ini memang terlihat sepele. Namun, mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap bisnis MLM yang anda rintis. Menekankan anggota untuk memiliki sifat mau belajar dalam segala hal akan memperbaiki kinerja mereka dan yang pasti mencegah terulangnya kesalahan di masa lampau.

Inovatif yang dimaksud meliputi promosi yang mereka adakan, metode pemasaran untuk mengundang rasa penasaran dari customer juga melakukan pembaharuan pada produk yang dijual. Misalkan dengan membuat kemasan yang unik.

#Lakukan team work

Sebagai seorang leader, Anda tentu paham betul bahwa usaha yang anda geluti merupakan team work bukan? maka dari itu Anda perlu melakukan pembinaan dengan cara melihat kinerja anggota member Anda dalam menyelesaikan masalah serta kepiawaiannya untuk mengadakan hubungan komunikasi dengan rekan kerja.

Bagi mereka yang belum cekatan dalam hal ini, Anda bisa memberikan konsultasi dan saran sebagai wujud dari pembinaan member baru.

#Ketahui psikologi mutlak

Teknik membina karyawan baru ini memang masih sangat jarang ditemui di Indonesia. tetapi menjadi teknik pembinaan wajib yang hampir diterapkan oleh perusahaan MLM terkemuka di seluruh dunia.

Pemimpin perusahaan akan menyediakan psikolog yang didatangkan khusus. Biasanya proses pembinaan ini berlangsung hanya beberapa orang saja. Member baru akan disuguhi dengan segudang pertanyaan dan tes sebelum akhrinya dibekali dengan suntikan motivasi.

#Membangun hubungan

Inilah aspek yang wajib dimiliki para anggota MLM yang baru saja bergabung.  Menjaga hubungan intens up line dan down line agar misi mereka untuk menyebarluaskan jaringan dapat dicapai dengan lebih mudah.

#Mengadakan pertemuan khusus

Meskipun direkrut melalui internet, beberapa Leader perusahaan MLM tidak segan untuk mengajak anggota barunya untuk rapat. Cara ini efektif karena antara member dengan leader dapat bertukar pikiran secara langsung alias face to face.

Metode yang lumrah digunakan ialah dengan presentasi. Memaparkan sejumlah informasi penting yang perlu diketahui sebagai anggota baru.

#Training

Langkah membina karyawan baru yang satu ini sepertinya sudah menjadi hal wajib yang diterapkan oleh perusahaan MLM. Ya, training atau masa percobaan secara tidak langsung akan mengarahkan member baru untuk mengenal sistem kerja dan seluk beluk perusahaan tempat mereka bergabung. Mereka juga akan belajar metode pemasaran terbaik untuk meningkatkan omset penjualan.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba beberapa cara membina member baru yang baru bergabung seperti penjelasan diatas? Pastikan Anda menggunakan cara terbaik untuk memupuk sikap tanggung jawab anggota baru.

author
Author: 

    Leave a reply "7 Cara Membina Member MLM Yang Sudah Bergabung"