Banyak cara untuk membangun bisnis MLM agar cepat tumbuh dan menghasilkan income rutin. Namun tidak banyak yang bisa melakukannya dengan konsisten. Perlu ketekunan dan kekuatan mental untuk menjadi pebisnis MLM yang sukses. Ada beberapa tips yang bisa dijalankan pebisnis MLM baik pemula maupun yang sudah senior

Tips 1 : Rajin dan Rutin Merekrut

Pebisnis MLM harus rajin dan rutin merekrut member baru. Hampir semua pebisnis MLM sukses mengakui bahwa kunci sukses mencapai puncak penghasilan tinggi adalah dengan rajin merekrut dan mengajak member baru.

Kita bisa menghitung berapa income yang ingin kita capai sesuai dengan jumlah member yang bisa kita rekrut dan aktif mengembangkannya. Kuncinya merekrut itu tidak boleh berhenti, sampai dimanapun posisi anda saat ini proses merekrut member baru harus terus berjalan jika bisnis MLM anda bisa terus menghasilkan.

Tips ke-2: Membina Leader

Ternyata rutin dan rajin merekrut member baru saja tidak cukup, anda harus bisa menciptakan leader leader baru di jaringan anda. Member yang anda rekrut harus anda bina dengan baik agar bisa menjadi seorang leader yang mandiri di kemudian hari.

Dalam kenyataannya, banyak member baru yang hanya puas sebagai pelanggan namun tidak berniat mengembangkan bisnis. Inilah salah satu tugas berat sebagai seorang leader MLM sejati, dimana harus mampu menciptakan dan membangun team yang solid

Tips ke-3: Persistensi dan konsistensi

Distributor MLM harus memiliki persistensi (kegigihan) dan konsistensi (ketekunan) di bidangnya. Dalam menjalankannya pasti banyak halangan maupun rintangan. Perbedaan antara leader yg sukses dan yang biasa saja adalah sikap mereka dalam menghadapi tantangan maupun hambatan. Leader yang sukses adalah leader yang tahan banting dan tidak mudah menyerah.

Tips ke-4: Serius Berbisnis

Seorang leader yang sukses tidak menganggap bisnisnya sebagai pekerjaan sambilan. Mereka betul-betul serius menjalankan bisnis, dan mau mebekali bisnisnya dengan berbagai peralatan yang dibutuhkan seperti: telepon, komputer, kartu nama, flyer, website atau blog. Mereka tidak suka terlalu bergantung pada upline. Mereka layaknya seperti pengusaha mandiri yang memiliki perusahaan sendiri atau seperti para penerima waralaba (franchise).

Tips ke-5: Mitra Tepat

Carilah downline yang mau memakai produk kita, mau melakukan pertemuan rutin, mau membuat daftar prospek, mau menuliskan tujuan. Mau menetukan jumlah jam aktif, dan benar-benar mau menjalankan bisnisnya.

Tips ke-6: Pengetahuan Produk

Pengetahuan produk diperlukan bagi distributor MLM yang ingin memperluas jaringan pemasaran. Hal yang paling mendasar adalah kita harus menguasai dengan baik pengetahuan tentang produk dan sistem bisnis yang kita tawarkan. Orang akan mundur jika menganggap sistem bisnis kita terlalu rumit atau terlalu sulit untuk diaplikasikan.

Tips ke-7: Beri Penghargaan

Distributor MLM harus pandai pula memberi penghargaan kepada downline-downlinenya agar mereka terpacu untuk mengembangkan usaha. Inilah celah yang dapat kita gunakan untuk memotivasi mereka agar semakin bersemangat untuk mengembangkan usaha. Penghargaan tersebut dapat kita berikan berupa barang atau pujian. Namun ini sifatnya tidak perlu rutin, bisa sebagai surprise pada saat berhasil mencapai peringkat tertentu anda kasih hadiah buku, DVD atau yang lain yang bermanfaat untuk pengembangan bisnis anda di masa mendatang

Tips ke-8: Duplikasi

Duplikasi menjadi syarat mutlak bagi kesuksesan bisnis MLM. Semakin baik kita melakukan duplikasi, semakin besar jaringan kita berkembang. Tanpa duplikasi, efek penggandaan di dalam bisnis network marketing seperti MLM tidak akan berjalan lancar. Anda tidak bisa berdiri sendiri dan sukses sendiri, kesuksesan anda akan lebih cepat jika anda bisa membantu downline anda sukses

Tips ke-9: Solid

Kesuksesan jangan membuat kita lengah. Kita tidak boleh berhenti. Kita harus terus bekerja keras untuk memperkuat jaringan. Sudah umum terjadi dalam bisnis MLM setiap dua langkah maju ke depan selalu diikuti satu langkah mundur ke belakang. Jadi, milikilah target pribadi untuk berprestasi. Contoh: jika kita butuh 10 member baru maka kita harus mampu memprospek 15 – 25 orang calon member.

Tips ke-10: Keyakinan

Kita harus yakin sepenuhnya terhadap perusahaan MLM yang kita pilih untuk mewujudkan mimpi kebebasan finansial. Tanpa keyakinan yang kuat maka anda tidak akan bisa sukses di bisnis MLM. Keyakinan menjadi salah satu kunci pembukan kesuksesan anda, dengan yakin anda akan tergerak untuk belajar dan berusaha mencari cara baru untuk mewujudkan impian anda

Apapun bisnis MLM anda memerlukan langkah langkah diatas untuk sukses, anda tidak bisa hanya menunggu dan pasif mengharapkan spillover atau bantuan dari upline anda. Kerjasama yang solid antar team upline dan downline menjadikan bisnis anda makin cepat pertumbuhannya.